السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

Halaqah yang ke-76 dari Silsilah Beriman Kepada Hari Akhir adalah tentang “An-Naar (Neraka) dan Adzabnya Bagian yang Pertama”

An-Naar secara bahasa adalah api. Secara syariat, An-naar adalah negeri di akhirat yang penuh dengan adzab, yang Allah sediakan untuk orang-orang kafir. Adzab yang sangat pedih dan menghinakan. Bagaimanapun pedihnya manusia menyiksa manusia yang lain di dunia, maka adzab Allah di neraka lebih pedih. Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman

فَيَوۡمَٮِٕذٍ۬ لَّا يُعَذِّبُ عَذَابَهُ ۥۤ أَحَدٌ۬

Maka pada hari itu, tidak ada yang mengadzab seperti adzab Allah (Al-Fajr : 25)

Orang yang masuk ke dalam neraka akan lupa dengan segala kenikmatan dunia.

Rasulullah ﷺ bersabda,

Akan didatangkan seorang penghuni neraka yang paling banyak mendapat kenikmatan di dunia pada hari kiamat. Kemudian dicelupkan sekali celupan di dalam neraka. Kemudian ditanya, Wahai anak Adam, pernahkah engkau melihat kebaikan? Apakah engkau pernah mendapatkan kenikmatan? Dia menjawab, Tidak Demi Allah, wahai Rabb-ku. (HR. Muslim).

Karena sangat pedihnya, mereka akan menebus adzab di neraka dengan orang-orang yang sangat mereka cintai di dunia dan seluruh manusia. Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman

يَوَدُّ ٱلۡمُجۡرِمُ لَوۡ يَفۡتَدِى مِنۡ عَذَابِ يَوۡمِٮِٕذِۭ بِبَنِيهِ (١١) وَصَـٰحِبَتِهِۦ وَأَخِيهِ (١٢) وَفَصِيلَتِهِ ٱلَّتِى تُـٔۡوِيهِ (١٣) وَمَن فِى ٱلۡأَرۡضِ جَمِيعً۬ا ثُمَّ يُنجِيهِ (١٤

Orang kafir berangan-angan seandainya bisa menebus adzab saat itu dengan anak anak laki-lakinya, istrinya dan saudara laki-lakinya dan keluarganya yang menaunginya. Dan semua yang ada di permukaan bumi, kemudian tebusan itu bisa menyelamatkan dia. (Al-Ma’aarij : 11-14)

Di dunia seseorang rela berkorban untuk orang-orang yang ia cintai. Namun di neraka justru dia akan mengorbankan orang-orang yang dia cintai demi keselamatan dirinya. Di antara nama-nama eraka adalah Hawiyah yang artinya jurang yang dalam (lihat Al-Qaari’ah :9)

Di antara namanya adalah Al-Hutamah yang artinya yang menghancurkan apa yang ada di dalamnya (Al-Humazah : 4).

Dan di antara namanya adalah Jahiim yaitu api yang menyala-nyala (lihat Al-Infithar :14).

Dan di antara namanya adalah Saqar yang artinya yang menghanguskan (lihat Al-Mudatsir : 26).

Penjaga neraka adalah 19 malaikat yang keras dan kejam, yang mereka menyiksa sesuai dengan perintah Allah (lihat At-Tahrim : 6 dan Al-Mudatsir : 30).

Penduduk neraka sangat banyak jumlahnya. Setiap 1000 orang, satu orang akan masuk surga, 999 orang akan masuk neraka. Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari,

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berkata kepada Nabi Adam, Keluarkanlah dari setiap seribu, 999 orang.

Rasulullah ﷺ bersabda di dalam hadits ini,
Bergembiralah kalian, sesungguhnya dari kalian 1 orang dan dari Ya’juj dan Ma’juj 1000 orang.

Orang-orang kafir yang jumlahnya sangat banyak tersebut badannya akan dibuat besar. Satu gigi geraham akan sebesar gunung uhud. Dan jarak antara dua ujung pundak salah seorang di antara mereka sejauh tiga hari perjalanan bagi pengendara cepat.

Rasulullah ﷺ bersabda,

Antara dua ujung pundak orang kafir di dalam neraka perjalanan orang yang naik kendaraan dengan cepat selama tiga hari (HR. Bukhari dan Muslim).

Dan beliau ﷺ juga bersabda,

Sesungguhnya tebal kulit orang kafir 42 hasta dan satu gigi geraham dia seperti gunung uhud. Dan sesungguhnya tempat duduk dia di jahannam seperti antara Mekkah dan Madinah (Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi).

42 hasta kurang lebih 19 meter. Tinggi gunung uhud kurang lebih 128 meter. Dan jarak Mekkah dan Madinah kurang lebih 450 km. Jumlah penghuni neraka yang sangat banyak dengan ukuran tubuh masing-masing yang sangat besar, menunjukkan tentang sangat besarnya neraka.

Meskipun demikian masih ada tempat yang tersisa di dalam neraka. Dan neraka masih terus bertanya, Apakah masih ada tambahan?

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman

يَوۡمَ نَقُولُ لِجَهَنَّمَ هَلِ ٱمۡتَلَأۡتِ وَتَقُولُ هَلۡ مِن مَّزِيدٍ۬

Pada hari di mana Kami berkata kepada jahannam, Apakah kamu sudah penuh? Dan jahannam berkata, Apakah masih ada tambahan?  (Qaaf :30)

Di dalam sebuah hadits, Rasulullah ﷺ bersabda,

Senantiasa jahannam berkata, Apakah masih ada tambahan? Sampai Rabbul ‘izzah yaitu Allah, meletakkan telapak kakinya di neraka, kemudian barulah neraka berkata, Cukup, cukup, demi keperkasaan-Mu. Maka neraka-pun saling melipat sebagian ke sebagian yang lain (HR. Bukhari).

Di antara yang menunjukkan besarnya neraka suatu hari para sahabat Radhiyallahu ‘anhum sedang bersama Rasulullah ﷺ tiba-tiba mereka mendengar suara sesuatu yang jatuh. Maka Nabi bertanya, Tahukah kalian apa ini? Mereka menjawab, Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.

Beliau ﷺ bersabda,

Ini adalah batu yang telah dilempar ke dalam neraka semenjak 70 tahun yang lalu. Maka dia jatuh melesat ke dalam neraka sehingga sekarang sampai di dasarnya (HR. Muslim).

Dan di antara yang menunjukkan besarnya neraka, bahwa 4,9 miliar malaikat akan menyeret neraka jahannam pada hari kiamat, sebagaimana telah berlalu haditsnya.

itulah yang bisa kita sampaikan pada kesempatan kali ini, dan sampai bertemu pada halaqah selanjutnya.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ustadz Abdullah Roy
Kota Al-Madinah