السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

Halaqah yang ke-17 dari Silsilah ‘Ilmiyyah Beriman Dengan Kitab-kitab Allah adalah tentang “Kitab Al-Quran Bagian yang Ketiga”.

Al-Quran memiliki nama-nama yang banyak yang menunjukkan keutamaannya, diantaranya

  1. Al-Quran

Ini adalah nama yang paling banyak di dalam Al-Quran dan inilah yang paling masyhur, Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ ۚ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا

“Apakah mereka tidak mentadabburi Al-Quran? Dan seandainya itu dari selain Allah niscaya mereka akan mendapatkan di dalamnya perselisihan yang banyak.” (Surat An-Nisa : 82)

  1. Al-Kitab

Artinya “kitab”, dari kata كَتَبَ yang artinya mengumpulkan. di namakan demikian karena dia mengumpulkan huruf dengan huruf, ayat dengan ayat, surat dengan surat, Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman

أَفَغَيْرَ اللَّهِ أَبْتَغِي حَكَمًا وَهُوَ الَّذِي أَنزَلَ إِلَيْكُمُ الْكِتَابَ مُفَصَّلًا ۚ

“Apakah kepada selain Allah aku mencari hakim? Padahal Dialah yang menurunkan Al-Kitab (yaitu Al-Quran) secara terperinci.” (SuratAl-An’am: 114)

  1. Kitabullah

Artinya “kitab Allah” Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرّاً وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ 

“Sesungguhnya orang-orang yang membaca Kitabullah dan mendirikan shalat dan berinfaq dari sebagian harta yang Kami rezeki kan kepadanya, baik dalam keadaan sembunyi maupun terang-terangan, mereka mengharapkan perdagangan yang tidak akan  rugi.” (Surat Fathir: 29)

  1. Al-Furqan

Artinya “yang membedakan”, karena dia membedakan yang benar dengan yang bathil, membedakan petunjuk dan kesesatan, membedakan yang halal dan yang haram, Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman

تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا 

“Sungguh berbarakah Zat yang telah menurunkan Al-Furqan (yaitu Al-Quran) kepada hambaNya supaya memberi peringatan kepada seluruh alam.” (QS Al-Furqan : 1)

  1. Adz-Dzikru

Ada yang mengatakan artinya adalah peringatan, karena di dalamnya ada peringatan dan nasehat, Dan ada yang mengatakan artinya adalah penyebutan, karena di dalam Al-Quran disebutkan banyak permasalahan dan dalil-dalil yang jelas, Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

“Sesungguhnya Kamilah yang telah menurunkan Adz-Dzikru (yaitu Al-Quran) dan sesungguhnya Kamilah yang menjaganya.” (Surat Al-Hijr : 9)

Diantara nama-nama Al-Quran adalah,

  1. Hablullah

Artinya “Tali Allah”, Dinamakan demikian karena dia menyampaikan kepada ridha Allah, Allāh سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman:

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ 

“Dan hendaklah kalian semua berpegang teguh dengan hablullah (yaitu Al-Quran) dan janganlah kalian saling berpecah belah.” (Surat Ali ‘Imran : 103)

Di dalam sebuah hadits, Rasulullah ﷺ bersabda:

وَأَنَا تَارِكٌ فِيكُمْ ثَقَلَيْنِ: أَوَّلُهُمَا كِتَابُ اللهِ فِيهِ الْهُدَى وَالنُّورُ فَخُذُوا بِكِتَابِ اللهِ ، وَاسْتَمْسِكُوا بِهِ فَحَثَّ عَلَى كِتَابِ اللهِ وَرَغَّبَ فِيهِ، ثُمَّ قَالَ: (وَأَهْلُ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمُ اللهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي، أُذَكِّرُكُمُ اللهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي، أُذَكِّرُكُمُ اللهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي

“Dan aku tinggalkan di antara kalian 2 perkara yang berat; yang pertama Kitābullah, di dalamnya ada petunjuk dan cahaya. Maka ambillah dengan kitabullah dan berpeganglah dengannya. Maka beliaupun menganjurkan dan mendorong untuk berpegang teguh dengan kitabullah. Kemudian Beliau berkata: ‘Dan keluargaku, aku ingatkan kalian kepada Allah tentang keluargaku. Aku ingatkan kalian kepada Allah tentang keluargaku. Aku ingatkan kalian kepada Allah tentang keluargaku’.” (HR Muslim)

Di dalam sebuah riwayat, Beliau ﷺ mengatakan:

أحدهما كتاب الله عز وجل هو حبل الله من اتبعه كان على الهدى ومن تركه كان على ضلالة

“Yang pertama di antara keduanya adalah Kitabullah, dia adalah hablullah. Barangsiapa yang mengikutinya maka dia di atas petunjuk dan barangsiapa yang meninggalkannya maka dia di atas kesesatan.”

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Abdullāh Roy
Di kota Al-Madīnah